by

BBPKH Cinagara dukung Program SIKOMANDAN Melalui Pelatihan Peternakan di Pangandaran

MARGOPOST.COM | Bogor – Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH ) Cinagara menyelenggarakan   kegiatan Pelatihan Teknis Peternakan Bagi Penyuluh Pertanian ( Tema : Pengelolaan Pakan Mendukung SiKOMANDAN ) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Pelatihan teknis ini di mulai dari tanggal 19 s.d 22 Februari 2020 yang diikuti sebanyak 30 orang penyuluh pertanian yang berasal dari Kecamatan Pangandaran, Kecamatan Kali picung, Kecamatan Padaherang dan Kecamatan Mangunjaya  Kabupaten Pangandaran.

Pelatihan Teknis Bagi Penyuluh Pertanian ( Tema : Pengelolaan Pakan Mendukung SiKOMANDAN ) di buka oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Bapak Sutriaman, A.Pi , didamping  oleh Bapak Sutoyo, A.Md selaku Koordinator BPP Padaherang, KABID Penyelenggaraan Pelatihan BBPKH Cinagara Bapak Ir. Agus Triyanto, M.Si,Bapak Yuniawan, S.Pt, M.Sc sebagai Widyaiswara BBPKH Cinagara Bogor serta Tim Panitia dari BBPKH Cinagara.

Materi yang disampaikan pada Pelatihan Teknis Bagi Penyuluh Pertanian ( Tema : Pengelolaan Pakan Mendukung SiKOMANDAN ) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Padaherang berjumlah 24 jam pelajaran dengan materi inti yaitu formulasi pakan ruminansia, nutrisi reproduksi dan prinsip pemiihan bahan pakan ternak.Kegiatan praktek dilakukan berupa praktek pengolahan pakan ternak yang berasal dari limbah pertanian serta pembuatan silase dari limbah jagung.

Akhir dari suatu pelatihan adalah acara penutupan pelatihan, namun ada yang ada yang special pada acara penutupan di BPP Padaherang, dimana dihadiri oleh peserta dari 3 wilayah  lain yang melaksanakan kegiatan pelatihan teknis Peternakan bagi penyuluh pertanian mendukung SIKOMANDAN diantaranya peserta dari BPP Cijulang Kabupaten Pangandaran, BPP Banjarsari Kabupaten Ciamis dan dari kota Banjar   sehingga jumlah peserta yang yang mengikuti acara penutupan di BPP Padaherang berjumlah 150 orang peserta beserta tamu undangan.

Pelatihan Teknis Peternakan Bagi Penyuluh Pertanian ( Tema : Pengelolaan Pakan Mendukung SiKOMANDAN ) yang di laksanakan Di BPP Padaherang ini di tutup oleh KH Asep Ahmad Maoshul Affandy, S.Sy dari komisi IV DPR-RI yang didampingi oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr selaku Kepala Badan SDM Pertanian KEMENTAN, Kepala BBPKH Cinagara Bogor  Bapak drh. Wisnu Wasisa, MP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Bapak Sutriaman, A.Pi , Bapak Camat Padaherang, Kepala dinas pertanian Kota Banjar drh. Aswin, MP dan Bapak Slamet Budi Wibowo, SP, M.Si selaku Kepala Dinas Pertanain Kabupaten Ciamis

Dalam acara penutupan ini Kepala Badan SDM Pertanian juga memberikan penjelasan mengenai Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) “Kostratani adalah pusat gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan dengan menggunakan teknologi informasi 4.0. Komunikasi terhubung dari pusat hingga daerah”. Kunci kostratani adalah optimalisasi BPP Balai Penyuluhan Pertanian memanfaatkan informasi teknologi. Di era industri 4.0 diperlukan perubahan mindset pertanian dari yang hanya sekedar tanam petik dan dijual itu harus diubah agar menghasilkan keuntungan yang besar serta  para penyuluh yang merupakan otak dari para petani kita sehingga menjadi pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed