by

BBPKH Cinagara dukung KOSTRATANI Bogor

MARGOPOST.COM | Bogor – BBPKH Cinagara melaksanakan Pendampingan di BPP wilayah VI Caringin pada Kelompok Tani Neglasari Jaya Mandiri, KP. Neglasari RT.05/RW.04 Ds Tugu Jaya Kec. Cigombong. Kab. Bogor pada tanggal 27 November  2020. Tim dari BBPKH Cinagara berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang widyaiswara (Yuniawan, S.Pt., M.Sc. dan Samaiharuh, S.S.T., M.Pd.), 1 orang calon widyaiswara (Adi Rakhman, S.Pt., M.Si.), dan 1 orang dari bidang penyelenggaraan pelatihan (Taufiq Walhidayah, S.S.T., M.Pd.) BBPKH Cinagara.

Kegiatan pembinaan ini berupa kursus petani milenial yaitu praktek pembuatan pupuk organik (Pengolahan Limbah Peternakan). Pelatihan ini sangat baik dilakukan karena sumber bahan baku pupuk yang berlimpah, mudah diterapkan, dan hasilnya berupa pupuk dapat digunakan oleh para petani sendiri sebagai sumber nutrisi bagi lahan pertanian hortikultura. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak penyuluh dan anggota Kelompok Tani Neglasari Jaya Mandiri diperoleh informasi bahwa masing-masing anggota kelompok memilki usaha pertanian holtikultura.

Kegiatan kegiatan kursus petani milenial ini juga dihadiri oleh Bapak Muhamad Casroni selaku penyuluh dan tentunya peserta petani milenial yang berjumlah 15 orang yang rata-rata 90 % anggotanya masih berusia muda. Para anggota kelompok tani tersebut sangat antusias mengikuti pelatihan ini, dan berharap dapat diadakan pelatihan-pelatihan berikutnya. Pelatihan yang diusulkan selanjutnya adalah tentang pembuatan silase untuk pakan ternak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed