BBPKH Cinagara dan BBPK Ciloto Latih Petugas tentang Investigasi KLB/ Wabah Terpadu Dengan Pendekatan One Health Anggkatan II

MARGOPOST.COM | Bogor – Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara, berkomitmen untuk berkolaborasi dalam setiap pelaksanaan Pelatihan dengan Pendekatan One Health. Pada tanggal 25 November samapai dengan 2 Desember 2018 BBPK Ciloto menyelenggarakan Pelatihan Investigasi KLB/ Wabah Terpadu Dengan Pendekatan One Health Angkatan II di Bapelkes Yogyakarta.
Peserta berjumlah 30 orang dari Dinkes, Dispet, Distan, Puskesmas dan Poskeswan se Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan merupakan angkatan II, angkatan pertama tanggal 9 -16 Oktober 2018. Tujuan Pelatihan adalah meningkatkan kompetensi Dokter, Dokter Hewan, petugas epidemiologi dan petugas lapangan lainnya dalam penanganan KLB/ wabah dengan pendekatan One Health.
“Keterampilan dan kompetensi investigasi KLB/ wabah dengan pendekatan One Health sangat penting dimilikibokeh petugas lapangan, karena merekalah ujung tombak penanganan kasus di awal kejadian.

Diharapkan penanganan kasus KLB/ wabah di Yogyakarta kedepannya lebih cepat dan lebih baik” tutur Kepala BBPK Ciloto, dr. Tri Nugroho, MQIH, Selasa (4/12/2018).
“Kami Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara Bogor, selalu komitmen untuk berkolaborasi dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto dalam Pelatihan Investigasi KLB/ Wabah Terpadu Dengan Pendekatan One Health. Widyaiswara kami menjadi narasumber dan selalu mendampingi kegiatan pelatihan tersebut. Rencananya kami tahun depan akan mengalokasikan pelatihan ini”, ungkap Kepala BBPKH Cinagara, drh. Wisnu Wasisa Putra, MP.
“Saya bersyukur dapat kesempatan mengikuti pelatihan ini, saya mendapatkan keterampilan dalam investigasi wabah dengan pendekatan One Health, yang selama ini belum kami pahami. Semoga kami bisa menerapkan dan konsisten untuk mengaplikasikan di Kabupaten kami”, tutup drh. Estu, MSc., dokter hewan dari Kabupaten Kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *