BBPKH Cinagara Bogor Menggelar Program Sterilisasi Kucing Massal di Lingkungan Sekitar BBPKH

MARGOPOST.COM | Bogor – Untuk mengurangi jumlah populasi kucing liar Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara melaksanakan strelisasi kucing jantan dan betina di sekitar Balai.
“Dengan steril, populasi kucing akan terkendali dan tidak akan banyak ditemukan kucing liar yang telantar, sterilisasi ini dilaksanakan secara bertahap untuk tahapan pertama dilaksanakan pada tanggal 7 November 2018 dan pada kucing betina terlebih dahulu. menurut Widyaiswara BBPKH, drh. Fera Aryanti, M.Si., Rabu (7/11/2018).
“Usia kucing yang dijadikan target sterilisasi adalah yg berusia di atas 6 bulan sementara untuk kucing jantan minimal usia 5 bulan, ada persyaratan khusus lainnya yaitu berat badan kucing minimal 1.5 kg atau bagi yang jantan testikel (kelenjar kelamin jantan) sudah bisa di raba” ujar Fera.


keuntungan untuk sterilisasi kucing pada usia muda di antaranya : 1.Meminimalkan trauma operasi, 2. Pemulihan pasca operasi lebih cepat 3. Meminimalkan penyakit organ reproduksi,
“Keberlanjutan dari kgiatan ini akan di evaluasi sambil melihat respon positif dari masyarakat sekitar sekaligus memberikan edukasi untuk tidak membuang kucing di lingkungan sekitar BBPKH Cinagara Bogor,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *