by

BBPKH Cinagara bersama Institusi Lintas Sektoral Susun Kurikulum Pelatihan Penanggulangan Zoonosis dengan Pendekatan One Health

MARGOPOST.COM | Bogor – Indonesia merupakan salah satu hot spot dunia untuk kasus penyakit penyakit infeksi baru/berulang. Adanya ancaman yang nyata dari Penyakit Infeksi Baru(PIB) membutuhkan pendekatan one health, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas bagi petugas pengelola lapangan.

Penyusunan kurikulum pelatihan Penanggulangan Zoonosis dengan Pendekatan One Health diselenggarakan di Hotel The Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta pada tanggal 25 s.d 27 November 2020. Kegiatan dibuka oleh Kepala Subdit Zoonosis – P2PTVZ Kementerian Kesehatan, yaitu drh. Sitti Ganefa Pakki, MEpid .Kegiatan dilaksanakan dalam dua metode, virtual dan tatap muka dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Hadir dalam penyusunan kurikulum dari berbagai multi sektoral yaitu Direktorat Kesehatan Hewan Ditjen PKH, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara, Perwakilan WHO, perwakilan FAO dan Kemenko PMK.
Diharapkan dengan penyusunan kirikulum dan selanjutnya diselenggarakan pelatihannya, akan meningkatkan kemampuan petugas untuk mencegah, mendeteksi dan merespon ancaman zoonotik di Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed