by

Badan SDM Pertanian adakan Webinar Bertani on Cloud

MARGOPOST.COM | Bogor – “Pertanian tidak boleh berhenti” adalah slogan yang berulang kali diungkapkan dalam setiap kesempatan oleh Bapak Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahril Yasin Limpo. Sektor pertanian merupakan pendukung utama keberlangsungan suatu bangsa, terutama di masa sulit seperti ini. Negara Indonesia sejak awal tahun 2020 dinyatakan memasuki masa pandemi penyakit infeksius Corona Virus Disease-19 atau yang sering disebut Covid-19 seperti yang telah terjadi di negara-negara lain di dunia. Semua aktivitas masyarakat disegala bidang dibatasi serta masyarakat dihimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dirumah saja dengan tujuan membatasi pula gerak virus corona untuk menyebar semakin luas di wilayah Indonesia.
Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara – Bogor merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yang memiliki tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pelatihan di bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Dimasa pandemi seperti ini, sesuai dengan protokol yang dikeluarkan pemerintah, kegiatan pelatihan regular pun terpaksa harus dihentikan untuk sementara. “Namun kami tetap ingin bermanfaat bagi masyarakat Indonesia” Ujar Kepala BBPKH Cinagara – Bogor, Wisnu Wasisa Putra. Untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin tetap belajar walaupun sedang dirumah saja, BBPKH Cinagara terpacu untuk semakin mengembangkan sistem pelatihan dengan bentuk online / daring. “Pandemi ini seperti memaksa kita untuk berubah dengan cepat melalui penguasaan teknologi internet. Pelaksanaan pelatihan online yang mungkin baru akan terlaksana dengan sempurna di tahun-tahun mendatang karena masih melalui berbagai pertimbangan, saat ini harus segera dapat kami sajikan pada masyarakat” Tambah Wisnu Wasisa. Dalam kesempatan terpisah, Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi turut menambahkan bahwa ciri pertanian modern di era industri 4.0 adalah akrabnya pelaku pertanian dengan penggunaan teknologi informasi dan internet.
Salah satu bentuk pelatihan online yang telah dilakukan BBPKH Cinagara dengan berkolaborasi dengan Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP adalah Bertani on cloud dengan tajuk Cerdas Memilih Pangan Asal Hewan, Pada Hari Kamis 28 Mei 2020. Peserta pelatihan sebanyak 300 peserta yang mengikuti jalannya pelatihan via aplikasi ZOOM Meeting dan 172 peserta lainnya mengikuti melalui live Facebook diajak untuk mengenali dan memilih dengan benar komoditas yang berasal dari hewan salah satunya adalah daging. “Aspek utama yang harus konsumen pertimbangkan untuk menentukan daging yang baik untuk dikonsumsi adalah Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH)” Ujar Farissa Romadhiyati, dokter hewan BBPKH Cinagara – Bogor. Daging ayam, daging sapi, dan daging kambing yang kita konsumsi haruslah aman karena tidak mengandung zat dan cemaran yang berbahaya bagi tubuh, menyehatkan badan kita karena berasal dari hewan yang sehat pula dan tidak berpotensi menimbulkan penyakit (foodborne disease), tidak dicampur atau dioplos dengan jenis daging lain, serta kehalalannya terjaga mulai dari proses awal sebelum penyembelihan sampai dengan daging sampai ke tangan konsumen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed