by

Aplikasi Insiden BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama dengan PT Jasa Raharja (Persero) mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Integrated System for Traffic Accidents (Insiden).

MARGOPOST.COM | JAKARTA – Aplikasi tersebut sudah diimplementasikan sejak 19 Maret 2018. Ini merupakan bagian dari usaha BPJS Kesehatan meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

1. Manfaat aplikasi Insiden BPJS

  • Bagi korban kecelakaan lalu lintas

Memudahkan masyarakat pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam memperoleh penjaminan saat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Sebelumnya, koordinasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas dilakukan secara manual. Keluarga korban harus mengunjungi Kantor Cabang PT Jasa Raharja dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Kini, kehadiran Insiden membuat proses penjaminan peserta JKN-KIS yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas dapat dilakukan melalui aplikasi tersebutdan real time.

  • Bagi BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan mitra

Insiden memudahkan dan mempercepat BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja melakukan koordinasi. Dengan demikian, transparansi dalam proses penjaminan bisa terlihat jelas dan pihak rumah sakit pun lebih mudah memantau prosesnya.

2. Keunggulan aplikasi Insiden BPJS

Memudahkan pengiriman data korban kecelakaan lalu lintas dan rumah sakit beserta informasi mengenai tempat, tanggal dan kronologi kejadian (kecelakaan lalu lintas) secara cepat ke PT Jasa Raharja (Persero). Data akan diterima oleh PT Jasa Raharja untuk direspon sesuai tahapan penjaminan.

Kemudian, kesimpulan akhir ditampilkan secara transparan dan akuntabel setelah kunjungan lapangan dan administrasi lengkap.

Selain itu juga, BPJS Kesehatan menindaklanjuti kesimpulan akhir PT Jasa Raharja yang diberikan secara elektronik sehingga memangkas proses koordinasi manfaat menjadi lebih singkat.

Dan yang terakhir adalah fitur tambahan seperti riwayat untuk kasus kontrol dan informasi detail transaksi PT Jasa Raharja untuk mencegah pembayaran ganda.

3. Sabet penghargaan

Aplikasi yang merupakan inovasi BPJS Kesehatan bekerja sama dengan PT Jasa Raharja (Persero) ini mendapat apresiasi dari pemerintah karena meraih penghargaan bergengsi.

Insiden masuk dalam jajaran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia./H*

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed