Aplikasi DPR Now! Salurkan Aspirasi Masyarakat

MARGOPOST.COM | — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat “Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Aplikasi DPR Now”, di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/10/2018). Foto : Oji/Man

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan, Indonesia merupakan negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang telah mendeklarasikan komitmennya dalam mewujudkan parlemen yang terbuka. Komitmen ini dideklarasikan atau disampaikan pada tanggal 29 Agustus 2018 bertepatan dengan peringatan hari jadi DPR RI yang ke 73 di hadapan para duta besar para negara-negara sahabat.

Ia menjelaskan, implementasi parlemen yang terbuka atau Open Parliament ini diawali dengan diluncurkannya aplikasi DPR Now!. Aplikasi berbasis mobile yang dapat dioperasikan di smartphone ini, menjadi akses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai DPR RI melalui cara yang paling sederhana. Baginya deklarasi Open Parliament menjadi cerminan keseriusan Indonesia di mata dunia dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis yang sejalan dengan parlemen moderen.

“Melalui aplikasi DPR Now!, masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dan pengaduannya serta memperoleh kepastian transparansi penanganan pengaduan yang mereka ajukan,” papar Bamsoet, sapaan akrabnya saat menyampaikan sambutan acara forum tematik Bako Humas DPR RI yang mengangkat tema “Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Aplikasi DPR Now”, di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Sosialisasi dan workshop ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Agus Hermanto , Anggota Komisi XI DPR RI Misbakhun, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, dan sejumlah pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

Legislator Partai Golkar ini mengatakan, di era digital informasi menyebar semakin pesat, sementara hoaks menjadi tantangan yang harus diwaspadai dengan penuh kesigapan. Bamsoet mewanti-wanti, jangan sampai informasi yang tidak benar menjadi sebab pemecahan kesatuan bangsa Indonesia.

Menurutnya aplikasi DPR Now! tidak hanya menyediakan informasi kegiatan DPR RI saja tapi juga melibatkan mitra kerja DPR RI. “Melalui aplikasi DPR Now! diharapkan DPR mampu menyediakan sumber informasi utama yang dapat menjadikan acuan bagi masyarakat,” imbuh Bamsoet.

Legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah VII itu juga memaparkan, transparansi di lembaga perleman akan membuka ruang partisipasi bagi masyarakat untuk menjadi warga negara yang aktif yang peduli terhadap berlangsungnya aktifitas kenegaraan, dan menjadi bagian dari solusi persoalan bangsa.

“Di parlemen lah aspirasi rakyat diperbincangkan dan diperjuangkan, sehingga setiap keputusan dan kebijakan penting yang diambil para penyelenggaran negara sebisa mungkin mengakomodasi dan mengedepankan hajat hidup orang banyak,” harap mantan Ketua Komisi III DPR RI ini. //dpr.go.id,ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *