by

Aksi Heroik Siswa SMP Johannes Adekalla Panjat Tiang Bendera Menuai Jutaan Simpatik dan Berbagai Penghargaan

MARGOPOST.COM | Atambua – Aksi heroik Johannes Adekalla menuai simpatik jutaan warga Indonesia, siswa SMP ini bertidak spontan sebagai relawan untuk memanjat tiang bendera setinggi 9 meter ketika tali pengikat bendera tiba-tiba putus saat tim penggerek bendera akan menaikkan bendera merah putih pada saat upacara peringatan HUT RI 73  di pantai Mota’ain Desa Silawan, Kabupaten Belu NTT Jumat (17/08/2018).

Johannes tinggal di Dusun Halimuti, Desa Silawan Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu. Jarak rumahnya dari kota Atambua sekitar 21 kilometer dan 2 kilometer dari PLBN Terpadu Motaain yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Bebagai pihak pun tergerak untuk memberikan penghargaan kepada Johannes siswa SMP kelas VII sang pemberani itu. Salah satunya adalah penghargaan dari Perusahaan Listrik Negara. PLN Peduli mengapresiasi langkah itu dengan memberikan bantuan beasiswa sampai ke jenjang pendidikan tinggi Strata 1 (S1).

Ketika video aksi memanjat tiang bendera yang sempat terekam itu beredar dan viral di masyarakat, PLN segera mendatangi alamat rumah Johannes dan bertemu kedua orangtuanya, yakni Victorino Fahik Marschal dan Lorenca Gama, serta mengabarkan bahwa anaknya akan diberikan beasiswa pendidikan sampai kuliah S1.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengapresiasi langkah Johannes yang menjunjung tinggi rasakan nasionalisme dan cinta NKRI.

Langkah Johannes menjadi inspirasi buat penduduk Indonesia sebab memperlihatkan betapa putra bangsa yang tinggal di daerah perbatasan amat mencintai negaranya.
“Johannes mempunyai inisiatif yang tinggi, berani mengambil keputusan pada masa singkat, berani mengambil resiko, membanggakan dan boleh menjadi tauladan buat generasi muda Indonesia,” pungkas Ali.

Penghargaan pun tak berhenti sampai disitu, Panglima TNI memberikan apresiasi dengan memberikan beasiswa sampai tamat sekolah dan diprioritaskan jika mau menjadi TNI bagi Johannes Adekalla.

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea pun dikabarkan sejumlah media ikut tergerak untuk memberikan uang jajan sebanyak 25 juta rupiah kepada Johannes. Hotman Paris memberi pujian kepada bocah pemberani ini, dan akan memberikan uang yang dijanjikan lewat rekening bank orang tua Johannes Adekalla, serta mengundang untuk datang ke warung kopi Joni langganan Hotman Paris.

Saat pembukaan Asian Games di Jakarta Sabtu 18/08/2018 Johannes diajak oleh Menpora Imam Nahrowi untuk menyaksikan langsung acara spektakuler dan megah itu serta duduk di bangku VIP SUGBK bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja.

Rencananya setelah menghadiri acara Asian Games, Johannes akan dibawa ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Jokowidodo pada hari Senin 20/08/2018.

Johannes Adekalla putra NTT ini mendadak menjadi bintang pada peringatan HUT RI ke 73 tahun ini. (berlin/mp)

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed